MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Mengenal Beragam Jenis Sutil dan Fungsinya Masing-Masing

3 min read

Sutil atau sering disebut sebagai spatula, menjadi bagian penting dari proses memasak. Sendok pengaduk makanan dengan gagang yang panjang ini memiliki bentuk yang beragam. Spatula juga terbuat dari berbagai jenis bahan mulai dari kayu, stainless steel, hingga silikon.

Apakah selama ini kamu menggunakan alat masak ini sesuai fungsinya? Berbeda bentuk dan bahan, berbeda pula fungsinya saat memasak. Secara garis besar, ada dua fungsi spatula, yaitu untuk baking dan untuk cooking.

Berikut adalah penjabarannya:

1. Sutil untuk memasak (cooking spatula)

Spatula yang satu ini tentu sudah tidak asing dong untuk para ibu di rumah. Ada banyak variasi bahan yang dipakai, tapi dua bahan yang paling sering dipilih adalah yang bahan kayu dan stainless steel.

a. Spatula kayu

Sutil kayu tengah dipakai memasak.
Spatula kayu adalah yang paling populer di antara lainnya. (Foto: Shutterstock)

Spatula kayu memiliki banyak bentuk dan jenis bahan yang ternyata berbeda-beda juga. Jenis kayu yang paling populer dibuat adalah kayu mahoni. Sebagian besar spatula kayu digunakan untuk menggoreng makanan, atau mengaduk tumisan di atas wajan. Bentuknya yang tidak tajam bisa mencegah adanya goresan di permukaan wajan.

Meski mudah dipakai, perawatan sutil kayu cukup menantang. Ada beberapa jenis kayu yang mudah sekali berjamur jika cuaca lembap. Untuk itu, pastikan menyimpan spatula kayu dalam suhu ruang yang tepat dan memastikannya selalu kering.

b. Spatula stainless

Sutil stainless untuk makanan khas Asia.
Masakan khas Asia biasa dimasak dengan menggunakan wok dan spatula stainless sejenis ini. (Foto: Shutterstock)

Tidak hanya untuk kayu, untuk yang terbuat dari stainless juga memiliki banyak jenis dan bentuk. Ada bentuk yang bolong di bagian sendoknya, ada pula yang pipih. Keduanya sama-sama cocok dipakai untuk menggoreng. Namun, sutil penggorengan yang berongga lebih mudah dipakai karena bisa membantu meniriskan makanan dari minyak saat diangkat.

Namun, pastikan memilih stainless spatula dengan ujung sendok yang tumpul agar tidak menggores atau merusak permukaan wajan. Pajang gagangnyat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih yang bergagang panjang untuk memasak di atas wajan yang besar untuk menghindari panas. Tapi, jika kamu memasak dengan wajan yang kecil, kamu bisa memilih spatula dengan gagang yang lebih pendek.


2. Sutil untuk membuat kue (baking spatula)

Fungsi spatula berikutnya adalah untuk membuat kue atau khusus untuk dunia baking. Ada tiga jenis spatula yang paling populer digunakan untuk baking yaitu offset spatula, icing spatula, dan flat spatula. Apakah bedanya?

a. Icing spatula

Sutil khusus meratakan frosting.
Sutil baking memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah meratakan krim atau frosting untuk topping kue. (Foto: Shutterstock)

Spatula jenis ini memiliki lebar yang ramping dan agak panjang. Salah satu fungsi spatula ini adalah untuk meratakan krim di atas cake.

b. Offset spatula

Offset spatula juga tak kalah populer dengan icing spatula. Bentuknya mirip dan fungsinya pun hampir sama. Bedanya, offset spatula juga bisa digunakan untuk memindahkan kue atau cookies dari loyang.

c. Flatula (Flat Spatula)

Spatula yang satu ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan offset spatula. Perbedaan bisa terlihat dari bentuknya. Flat spatula memiliki ukuran lebih lebar sehingga bisa digunakan untuk memindahkan potongan kue yang lebih besar.


3. Spatula multifungsi

Sutil silikon untuk memasak.
Sutil silikon belakangan semakin populer karena berbagai kelebihannya seperti tidak mahal, mudah dicuci, dan tidak menjadi sarang bakteri. (Foto: Shutterstock)

Ada satu spatula yang bisa dipakai untuk cooking dan baking, yaitu spatula yang terbuat dari silikon dan berbentuk pipih. Biasanya, spatula ini dipakai untuk mengaduk bahan makanan mulai dari adonan kue hingga adonan bakwan. Tentunya spatula silikon juga sangat populer kita gunakan di dapur.

Jangan lupa untuk cek berbagai artikel tentang tips masak lainnya seperti cara pemilihan wajan ataupun teknik menumis yang anti gagal. Praktikkan dengan spatula kesayanganmu di rumah!

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA KULINER MASAK APA HARI INI

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU