MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Ini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bandung Jika Diuangkan

2 min read

Logo Badan Amil Zakat Nasional. (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kabupaten Bandung bersama Badan amil Zakat Nasional (Baznas) akan menetapkan besaran zakat fitrah jika dibayar dalam bentuk uang.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Baznas, besaran zakat fitrah di Kabupaten Bandung disesuaikan dengan harga beras premium.

Harga beras premium sekarang di angka Rp12.000/kg. Kewajiban umat muslim mengeluarkan zakat 2,5kg/orang. Maka, jika dikonversikan ke dalam uang adalah Rp30.000/orang, tutur Marlan, Kamis (16/5/2019).

Marlan melanjutkan, tahun ini Kabupaten Bandung menargetkan pengumpulan zakat fitrah sebesar Rp40 miliar. Jumlah tersebut lebih besar dibanding tahun lalu.

AYO BACA : Baznas Kota Bekasi: Nilai Zakat Fitrah Rp40 Ribu

Idulfitri tahun lalu pengumpulan zakat di Kabupaten Bandung adalah Rp35 miliar. Jadi, tahun ini targetnya ditingkatkan Rp5 miliar, ujarnya.

Peningkatan target tersebut karena adanya peningkatan jumlah penduduk.

Itu jika telah diuangkan. Penduduk Kabupaten Bandung itu dalam membayar zakat fitrah ada yang dalam bentuk uang, tapi juga ada yang dalam bentuk beras, katanya.

Menurut Marlan, biasanya masyarakat membayar zakat ke pengurus DKM di masjid sekitar rumahnya. Dari DKM, sebagian zakat diserahkan kepada desa, dilanjutkan ke kecamatan untuk dikumpulkan di tingkat Kabupaten.

Zakat fitrah yang dikumpulkan biasanya didistribusikan di kecamatan. Sebagian ke kabupaten. Untuk ke kabupaten kebanyakan hanya berupa laporan pendistribusian, katanya.

AYO BACA : Presiden Jokowi Bayar Zakat Mal Rp55 Juta

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA AYO BANDUNG

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU