MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Mukena Paling Dicari di Bandung, Model Khadija sampai Paris

2 min read

Penjual Mukena. (Nur Khansa Rnawati/Ayobandung.com)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM–Di bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri, mukena adalah salah satu barang yang banyak diincar kaum wanita. Biasanya, model-model baru bermunculan tiap tahunnya, menyasar anak muda hingga dewasa.

Harga-nya pun beragam. Mulai dari Rp100 ribuan hingga mendekati Rp1 juta. Di Kota Bandung, Pasar Baru menjadi salah satu tempat andalan warga untuk berbelanja mukena. Dari hasil pengamatan Ayobandung.com di sejumlah kios mukena grosir maupun eceran di Pasar Baru, Kamis (16/5/2019), ada sejumlah model mukena yang saat ini tengah menjadi tren.

Pertama, mukena Khadija. Mukena jenis ini relatif tidak terlalu memiliki banyak ornamen, dengan koleksi warna-warna yang teduh dan cenderung gelap. Model dan warna yang cukup aman untuk digunakan berbagai kalangan. Detil yang menjadi ciri khas-nya adalah aksen bordir renda di bagian kepala dan ujung bawah yang senada dengan warna dasar mukena.

AYO BACA : Mukena Shireen Jadi Tren Lebaran

Berdasarkan penuturan salah satu penjaga kios mukena, Lina, kelebihan mukena jenis ini adalah potongannya di bagian dagu yang pas di wajah serta jahitan di bagian atas kepala yang dibuat dobel sehingga rambut tidak keluar.

“Di bagian kepala-nya dijahit dobel, jadi rambut tidak akan mencuat keluar,” jelasnya.

Mukena jenis ini terdiri dari bahan yang berbeda, mulai dari katun biasa hingga bahan ‘rosella’ yang lebih lembut. Kisaran harganya mulai dari Rp150 ribu hingga Rp250 ribu.

AYO BACA : Omzet Komoditas Mukena Bordir Tasik Merosot Tajam

Kedua, mukena jenis Paris. Mukena ini memiliki model yang realtif lebih terkesan muda dibanding model khadija. Mukena Paris juga terdiri dari aneka warna yang lebih mengarah pada warna-warni pastel yang lebih lembut dibanding seri Khadija, seperti warna coklat muda, tosca muda, mauve, hingga mustard pudar.

Ornamen khas mukena ini adalah tambahan kain sifon putih bercorak polkadot dengan finishing renda di bagian luar mukena. Harganya sedikit lebih mahal dari mukena Khadija, yakni di kisaran Rp200 ribu hingga Rp300 ribu.

Sementara, untuk mukena kelas ‘premium’, jenis mukena brukat adalah salah satu yang paling dicari. Ornamennya serupa dengan mukena Paris–yakni dengan kain brukat tambahan di luar kain mukena–namun dengan aksen jahitan dan model yang lebih mewah.

Satu mukena aksen brukat dibanderol mulai dari Rp800 ribu hingga Rp900 ribu. Jenis bahan mukena yang digunakan jauh lebih lembut dibanding kedua mukena sebelumnya, dan brukat yang menjadi luaran mukena-nya pun memiliki motif yang beragam, sebagaimana yang kerap ditemukan pada blus untuk acara resmi.

AYO BACA : Tren Hijab untuk Perempuan Berjiwa Petualang

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA AYO BANDUNG

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU