MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Polres Karo Musnahkan 9,04 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

2 min read

IBC, KARO – Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Karo, musnakah 9,04 kilogram narkotika jenis sabu yang di sita pada periode April 2019.

Dari 9,04 kilogram sabu ini, didapatkan dari 3 tersangka yang masing-masing, ditangkap di tempat terpisah, Suparno warga Desa Pancur Batu, Kecamatan Merek, kemudian Tresno warga Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, serta Agus Setiawan alias Wawan warga Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Masing masing tersangka ditangkap di kediamannya.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu, menjelaskan keberhasilan pengungkapan jaringan narkotika ini, bukan hanya semata mata mendapatkan bandar atau pengedar , juga menyelamatkan sekitar 72.000 jiwa warga, terutama warga kabupaten karo, yang saat ini masih berperang memberantas narkoba.

“Kita bukan hanya mencari dan memutuskan mata rantai peredaran narkoba di kabupaten karo, kita juga turut andil menyelamatkan para generasi muda, kita umpamakan setiap pengguna menggunakan 0.1 gram sabu, maka sekitar 72.000 nyawa dapat kita selamatkan dengan pengingkapan ini.” ujar Kapolres AKBP Benny R Hutajulu, di lapangan Mapolres, Jalan Vetran, Kamis (16/05/2019).

Benny menjelaskan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu ini, dilakukan sebagai pembelajaran bagi kaula muda yang bertujuan untuk jangan sesekali mencoba jenis jenis narkotia yang sudah tidak diperbolehkan oleh hukum di Indonesia.

“Nah ini kita menggundang para siswa, sekaligus menjadikan edukasi bahaya narkoba untuk para generasi bangsa.” jelasnya.

Sebelum pemusnahan 9,04 kilogram narkotika jenis sabu, yang berada di 8 plastik klip di tes oleh Tim Labfor Mabes Polri Cabang Medan untuk memastikan keseluruhan barang bukti pemusnahan ini merupakan asli narkotika jenis sabu. AKBP Juni Erma, Kasubbit Narkoba Labfor Cabang Medan, menjelaskan masyarakat belum paham akan bahaya narkoba, karna narkotika jenis sabu saat ini sudah banyak di oplos dan sangat berbahaya bagi kesehatan pengguna

“Kita lihat tadi semuanya asli narkotika, dan ini mau kami jelaskan bahwasanya narkotika jenis sabu ini sudah tidak semuanya murni, sebahagian bahan narkotika sudah dicampur, dengan tawas, soda api. Nah itu yang mengakibatkan bahaya bagi para pengguna, terutama pengguna baru, yang hanya ingin mencoba,” ujar Kasubit Labfor Cabang Medan, AKBP Juni Erma, saat mendampingi pemusnahan barang bukti.

Pemusnahan barang bukti narkoba di Polres Tanah Kro ini, berdasarkan Pasal 101 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Dan Pasal 21 Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI nomor 10 tahun 2018 tentang tata cara pengelolaan barang bukti serta pasal 45 ayat (4).dan Undang-undang Nomor 8 tahun 1981 Tentang Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Penulis : Rudolf Tobing

Editor : YES

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA INDONESIA BERITA

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU