MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Waspada Cacar Monyet, Terapkan PHBS!

2 min read
ILUSTRASI/FOTO NET
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Pesawaran mengimbau seluruh masyarakat untuk waspada terhadap virus cacar monyet. Salah satunya dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Pesawaran Aila Karyus mengatakan, Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor SR.03.04/II/1169/2019 tentang Kewaspadaan Importasi Monkeypox

“Per hari ini, SE tersebut masuk ke kita. Segera kita share ke seluruh puskesmas sebagai bentuk kewaspadaan dini untuk masuknya penyakit cacar monyet tersebut,” kata Aila mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Kamis (16/5).

Menurut dia, monkeypox ditularkan oleh hewan, terutama hewan pengerat yang membawa virus Monkeypox. Ini terjadi melalui gigitan, cakaran, kontak langsung dengan darah, cairan tubuh atau lesi di kulit atau mukosa hewan. Kemudian mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan baik.

“Penularan dari manusia ke manusia bisa dimungkinkan. Namun sangat terbatas. Melalui sekret pernapasan atau lesi pada kulit,” urainya.

Gejala monkeypox mirip dengan smallpox atau cacar, namun lebih ringan. Masa inkubasi 5-21 hari. Penderita akan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas. Ruam pada kulit muncul pada wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. (ozi/ais)

sumber : RADAR LAMPUNG

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU