MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

DPRD DKI Dikuasai Koalisi Prabowo-Sandi

2 min read

JAKARTA – Partai pendukung Prabowo-Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) menguasai kursi mayoritas di DPRD DKI periode 2019-2024. Kondisi ini diprediksi akan memudahkan kinerja Gubernur DKI, Anies Baswedan untuk merancang programnya di tahun anggaran 2020.

Ketua DPD Gerindra DKI, M. Taufik, memiliki keyakinan itu karena partai koalisi Gerindra di DPRD memiliki jumlah kursi total 54 kursi dari 106 kursi DPRD.

“Ke depan program Anies untuk memajukan Jakarta mendapat dukungan kuat partai koalisi dengan total 54 kursi,” kata Taufik, Jumat (17/5/2019).

Hal tersebut disampaikan Taufik setelah penetapan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

Adapun Taufik yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI mengakui, periode 2014-2019 ini pihaknya tidak maksimal mendukung kinerja Gubernur Anies lantaran jumlah kursi kurang. Sehingga sering kalah dalam mengambil keputusan.

Menurutnya kursi pendukung Anies di parlemen sebelumnya hanya memiliki 38 kursi. Setelah Pileg 2019 bertambah menjadi 54 kursi. Rinciannya, Partai Gerindra 19 kursi, PKS 16 kursi, Partai Demokrat 10 kursi dan PAN 9 kursi.

Sedangkan kubu sebaliknya cuma meraih 52 kursi. Komposisi lengkapnya adalah PDI Perjuangan 25 kursi, PSI 8 kursi, Partai Nasdem 7 kursi, PPP 1 kursi, Partai Golkar 6 kursi dan PKB 5 kursi. “Alhamdulillah pasukan Pak Gubernur di Jakarta bertambah. Jadi kalau ada voting kita menang,” kata Taufik.

Dari data itu, kata Taufik, mayoritas wakil rakyat yang terpilih merupakan anak-anak muda yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing.(john/b)

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA POS KOTA

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU