MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Enam Puluh Organisasi Ramaikan Pawai Waisak di Pekanbaru

2 min read

Pekanbaru, Gatra.com – Sekitar 60 organisasi tionghoa di Riau ikuti pawai waisak yang digelar di kawasan Kampung Melayu Tionghoa Pekanbaru, Jum’at (17/5). Empat mobil hias ikut diarak keliling mengitari Kampung Melayu Tionghoa di jalan Karet Pekanbaru. Pawai ini, merupakan salah satu rangkaian kegembiraan bagi umat Budha.

Ketua Waisak Bersama, Herman kepada Gatra.com menjelaskan bahwa pawai tadi adalah sebuah kegembiraan bagi umat Budha. Artinya, dalam perayaan Waisak ada namanya perayaan Tri Suci; guru agung lahir, mencapai penerangan sempurna dan Pariniban.

“Dari 60 organisasi yang ikut, kita mencatat ada 2400 peserta yang ikut pawai waisak bersama ini,” Herman merinci.

Menurut Herman, pawai tadi sebenarnya sudah menjadi kegiatan tahunan meski tahun lalu pawai sempat ditiadakan lantaran kondisi yang tidak memungkinkan. Tapi jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya, peserta pawai tahun ini melonjak drastis. “Dua tahun lalu hanya ada sekitar 40 organisasi,” terangnya. .

Pawai tadi menjadi rangkaian perayaan Waisak Nasional yang akan digelar di Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar pada 25 Mei 2019.

Lalu perayaan waisak sendiri akan ditutup pada 15 Juni 2019 di Pekanbaru. “Perayaan Waisak Nasional akan dihadiri oleh sekitar 3000 umat Budha se-Nusantara. Nah kemeriahan itu sudah kita mulai sejak beberapa waktu lalu dengan menggelar beragam kegiatan. Seperti bakti sosial dan sebagainya,” rinci Herman.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, Peng Suyoto menyampaikan apresiasinya terhadap panitia Waisak Bersama 2019 itu. Sebab menurutnya, panitia sangat agresif dalam merangkul berbagai organisasi dan majelis untuk ikut memeriahkan perayaan Waisak.

“Kami sangat apresiasi dan mendukung gelaran ini. Kita juga apresiasi karna panitia mampu mengajak berbagai organisasi dan majelis Tionghoa lebih banyak lagi. Bahkan ada juga sekolah dan organisasi umum yang ikut pawai kali ini,” katanya.

Peng berharap, selain menjadi salah satu upaya mempererat kerukunan beragama, gelaran ini juga menjadi doa untuk kebaikan Riau sendiri.


Reporter: Syahrul Hidayat
Editor: Abdul Aziz


ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA GATRA

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU