MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Kapan Truk Tambang Bisa Lewat di Perbatasan Tangerang-Bogor?

2 min read
Pemkab Tangerang dan Bogor juga memperketat aturan melintas untuk truk tanpa muatan

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Pemkab Tangerang dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sepakat kembali mengubah jadwal operasional truk tambang di wilayah perbatasan Bogor-Tangerang. Ketiga institusi ini juga sepakat untuk tetap memberlakukan aturan yang dibuat bagi truk tambang tak bermuatan

“Larangan operasional truk tambang dibagi dua periode yaitu dari jam 05.00 WIB sampai 09.00 WIB, dan dari jam 17.00 WIB sampai 21.00 WIB,” ujar Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong Bogor, Jumat (17/5).

Aturan yang sama, menurut Ade, juga dibuat bagi truk tambang tak bermuatan. Hal ini dikarenakan meski tidak membawa muatan, tapi besar kendaraannya memakan jalan sehingga berpotensi menyebabkan macet.

“Kalau Truk Engkel bebas, ini untuk yang tronton. Saya keberatan kalau tronton masuk tetap saja bodinya besarmenutupi jalan, tetap macet,” kata Ade.

Sebagai antisipasi penumpukan truk tambang ketika jam penutupan diberlakukan, menurut dia, Pemkab Bogor dan Pemkab Tangerang menyediakan kantong-kantong parkir untuk truk tambang. Khusus di wilayah Kabupaten Bogor, Ade menyediakan tiga titik kantong parkir yang penggunaan lahannya merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Bogor dengan Perum Perhutani.

“Ada tiga titik, titik pertama lima hektare, titik kedua dan ketiga satu hektar, itu berda di Kabupaten Bogor. Di Tangerang juga ada titiknya, jadi truk yang mau masuk Bogor menunggu disediakan di sana,” tuturnya.

BPTJ memberlakukan uji coba tahap IV pada 19 Maret 2019 mengenai operasional truk tambang di wilayah perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang, yaitu untuk Kabupaten Bogor berlangsung pukul 20.00 WIB sampai 04.00 WIB dan Kabupaten Tangerang pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA REPUBLIKA

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU