MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Masjid Jami’ Miftahuljannah Dibangun Sebelum RI Merdeka

2 min read
– Masjid Jami’ Miftahuljannah yang berlokasi di Jalan Padjadjaran Nomor 4 Jagabaya I Way Halim Bandarlampung. Foto ruri/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id- Masjid Jami’ Miftahuljannah yang berlokasi di Jalan Padjadjaran Nomor 4 Jagabaya I Way Halim Bandarlampung merupakan salah satu masjid berornamen Lampung yang memiliki nilai sejarah.

Muhammad Munir (67) salah satu pengajar Taman Pendidikan Alquran di Masjid Jami’ Miftahul Jannah menjelaskan, masjid tersebut sudah berdiri sebelum kemerdekaan Indonesia. Sayangnya Munir tidak mengetahui sejak tahun berapa masjid itu didirikan.

“Sudah lama masjid ini ada. Masa penjajahan sudah berdiri. Kalau cerita-cerita orang tua itu, sudah seumur Masjid yang di Jalan Raden Intan itu. Jadi, dulu ini masjid untuk warga Jagabaya, Kampung Sawah, Way Halim, jadi masjidnya cuma ini. Bentuknya masih surau. Dulu masjid ini pusatnya, jadi semua rumah menghadap ke masjid, masih ada beberapa rumah yang menghadap ke masjid ini,” katanya, Jumat (17/5).

Dari awal dibangun, sudah berulang kali melakukan pemugaran. Yang terakhir, melakukan pemugaran sekitar 2017 lalu, dengan konsep ornamen Lampung.

“Dapat bantuan dari Pemkot Bandarlampung, dan diresmikan sekitar tahun 2019. Ya kita ingin melestarikan budaya Lampung, dan ada imbauan juga dari pemerintah Bandarlampung, jadi kita bangun dengan ornamen Lampung,” terangnya.

Terkait kegiatan selama Ramadan, terdapat kegiatan TPA anak-anak sekitar ba’da Ashar untuk belajar mengaji. “Selain tarawih, juga ada TPA setiap ba’da Ashar, anak-anak belajar mengaji. Dan yang rutin ya buka bersama, kami sediakan makanan ringan untuk berbuka,” pungkasnya. (rur/

sumber : RADAR LAMPUNG

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU