MENIT PERTAMA

BERBAGI BERITA TERPOPULER, AKTUAL, INDEPENDEN DAN BERIMBANG

Qatar Resmikan Stadion Pertama Untuk Gelaran Piala DUnia 2020

2 min read

Doha, Gatra.com – Tuan rumah Piala Dunia 2020, Qatar, meresmikan stadion pertama dari tujuh stadion baru yang dibangun dalam rangka menyambut gelaran 4 tahunan sepakbola dunia tersebut, pada kamis (16/5). Peresmian ini sendiri diselenggarakan hanya beberpaa minggu seelum KTT FIFA yang akan memutuskan apakah akan memperluas jangkauan turnamen dan akan melampaui batas negara teluk tersebut.

Saat peresmian, sttadion yang dinamakan stadion Al Janoub ini penuh dipadati oleh penggemar. Stadion ini sendiri berkapasiktas 40.000 kursi yang didisain menyerupai layar perahu kayu tradisional, demikian diberitakan oleh Reuters.

Peresmian dilakukan bersamaan dengan rencana FIFA untuk menambah partisipan turnamen dari semula 32 negara menjadi 48 negara, yang artinya akan dibentuk sebuah jaringan tuanrumah bersama demi mensukseskan rencana FIFA tersebut.

FIFA akan menjadi tuan rumah kongres tahunannya di Paris pada 5 Juni, di mana diperkirakan akan melakukan seruan terakhir pada ekspansi, meskipun keputusan apa pun harus ditandatangani oleh Qatar, negara Arab pertama yang memenangkan hak penyelenggaraan turnamen tersebut pada 2010.

Turnamen sendiri direncanakan akan dimulai pada November 2022, Keputusan memilih pelaksanaan pada bulan November dibandingkan pada Juni-Juli adalah untuk menghindari panasnya musim panas yang terjadi di Qatar. Al Janoub, stadion ber-AC penuh yang menjaga suhu 10 derajat lebih rendah dari 29 Celcius di luar, disebut Al Wakrah setelah kota di selatan Doha.

Pembukaan stadion ini menjadi salah satu dari tujuh tempat yang dibangun dari nol untuk Piala Dunia 2022, dengan stadion kedelapan direnovasi dan dibuka pada tahun 2017. Qatar telah maju dengan peningkatan infrastruktur yang ambisius menjelang 2022 yang mencakup $ 6-8 miliar pada stadion dan fasilitas olahraga, bagian dari upaya untuk menggunakan turnamen untuk mendiversifikasi ekonomi energi dan memproyeksikan dirinya ke panggung dunia melalui olahraga .


Reporter: Ucha Julistian
Editor: Bernadetta Febriana


ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA GATRA

Tinggalkan Balasan

BERITA TERBARU