MENIT PERTAMA

Kumpulan Berita Terpopuler, Independen, dan Terpercaya

5 Khasiat Tak Terduga Minum Cokelat Panas Setiap Hari

3 min read
cokelat-panas-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia masih belum terbiasa untuk mengonsumsi minuman cokelat. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kita yang masih mengonsumsi teh atau kopi yang dianggap bisa memberikan kenikmatan tersendiri. Padahal, menurut pakar kesehatan, minum cokelat panas bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Minum Cokelat Panas Setiap Hari

Minuman cokelat panas yang memiliki kandungan kakao 70 hingga 85 persen memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin E, serta kalium. Rutin mengonsumsinya akan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tak hanya mengonsumsi makanan berserat atau yang tinggi kandungan vitamin C, rutin mengonsumsi cokelat panas ternyata juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalam minuman ini.

Pakar kesehatan bahkan menyebut kandungan antioksidan berjenis flavonoid di dalam cokelat panas tiga kali lebih besar dibandingkan dengan yang ada di dalam teh hijau. Dengan mendapatkan asupan flavonoid yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat, mencegah datangnya peradangan, mencegah kanker, hingga membuat berat badan terjaga.

Hanya saja, kita harus lebih cermat dalam memilih cokelat panas berkualitas, khususnya yang memiliki kandungan kakao yang tinggi dan tidak melalui proses pengolahan panjang jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan ini.

  1. Baik bagi Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi cokelat panas disebut-sebut bisa membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah semakin membaik. Bahkan, ada pakar kesehatan yang menyebut minuman ini bisa membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke yang mematikan.

European Union Food Information Council yang menyediakan informasi tentang makanan menyebut kandungan flavanol di dalam kakao, bahan utama dari cokelat, akan memberikan dampak besar bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, khususnya dalam hal memperlancar sirkulasi darah, mencegah terjadinya pembekuan darah, hingga menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Mendukung Fungsi Otak

Cokelat panas ternyata memiliki kandungan yang bisa mendukung fungsi otak. Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa rutin mengonsumsinya dua cangkir saja setiap hari sudah mampu membuat daya ingat menjadi semakin kuat and menurunkan risiko terkena alzheimer.

Hal ini disebabkan oleh kandungan cokelat yang bisa membuat aliran darah ke otak semakin meningkat. Hal ini juga akan membuat fungsi kognitif semakin membaik.

  1. Mendukung Kesehatan Mental

Sebagaimana saat kita minum teh hijau, minum cokelat panas akan memberikan efek tenang, nyaman, dan membuat suasana hati meningkat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam merangsang proses produksi hormon yang bisa membuat kita menjadi lebih bahagia. Hormon tersebut adalah serotonin yang dikenal mampu meningkatkan suasana hati dan triptofan yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

Kandungan kafein di dalam cokelat juga bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Tubuh yang lebih berenergi tentu akan terasa jauh lebih bugar dan nyaman.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Banyak orang yang menganggap cokelat sebagai makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan. Padahal, rutin mengonsumsinya justru bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan cokelat dalam menyediakan energi bagi tubuh. Mengonsumsinya juga akan membuat kita mengendalikan nafsu makan dengan lebih baik.

Bahkan, pakar kesehatan menyebut rutin minum cokelat panas akan membuat proses oksidasi lemak di dalam tubuh meningkat. Hal ini tentu akan membuat berat badan tidak mudah naik.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi cokelat dengan tambahan gula yang tinggi demi mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

Sumber:

  1. Breyer, Melissa. 2019. 7 Health Benefits of Drinking Hot Cocoa. .mnn.com/food/beverages/stories/7-health-benefits-of-drinking-hot-cocoa. (Diakses pada 11 September 2019).

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA DOKTER SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *