5 Tempat Wisata Dekat Selat Bali yang Terkenal

Ada selat yang menghubungkan dua tempat wisata terkenal di Bali-Banyuwangi. Saya setuju! Selat Bali namanya. Selat ini merupakan satu-satunya yang memisahkan dan menghubungkan keindahan kedua wilayah tersebut.

5 Tempat Wisata Dekat Selat Bali yang Terkenal

Laut membentang dari pelabuhan Ketapang hingga pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kawasan ini merupakan pintu gerbang utama jalur perjalanan dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya melalui jalur laut atau darat

5-Tempat-Wisata-Dekat-Selat-Bali-yang-Terkenal

Selat itu sendiri memiliki panorama laut yang sangat indah. Selain itu, ada sejumlah tempat wisata di dekatnya yang populer di kalangan wisatawan. Hal ini meningkatkan popularitas selat ini.

Sekilas tentang Selat Bali

Selat yang memisahkan pulau Jawa dan Bali ini memiliki luas sekitar 82 km. Kedalaman rata-rata mencapai 50 meter. Selat ini merupakan tempat transportasi laut khususnya kapal feri.

Feri ini tidak hanya mengangkut penumpang tetapi juga berbagai jenis kendaraan seperti sepeda motor, minibus, mobil, truk dan bus.

Selain penyeberangan, wilayah laut juga menjadi jalur utama tongkang yang hendak menyeberang dari Bali ke Banyuwangi atau sebaliknya.

Anda pasti tahu bahwa tongkang adalah kapal besar. Kapasitasnya sangat besar, sehingga sering digunakan untuk mengangkut barang berukuran besar atau barang dalam jumlah besar.

Menurut laporan, selat ini akan menjadi lokasi proyek pelabuhan wisata di Banyuwangi yang menghubungkan pelabuhan di Bali dengan Labuan Bajo.

Proyek ini akan dibangun di atas lahan seluas 44,2 ha. Lokasinya sendiri berada di kawasan Boom Beach.

Menariknya, pelabuhan wisata ini juga terintegrasi dengan sejumlah tempat lain yang juga memiliki potensi wisata yang besar. Misalnya Karimun Jawa, Tenau Kupang dan Lombok.

Dan tahukah Anda bahwa selat yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali ini memiliki potensi wisata yang sangat besar? Hal ini terlihat dari banyaknya pantai indah di kedua sisi pulau.

Di sisi pulau Bali terdapat Pantai Gilimanuk dan Pulau Menjangan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.
Harga tiket masuk wisata di dekat Selat Bali

Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung dan berlibur di selat ini. Tiket masuk hanya berlaku ketika Anda memasuki tempat-tempat wisata Banyuwangi atau Bali di selat ini.

Harga tiket tempat wisata juga berbeda untuk setiap daerah. Ada yang gratis tiketnya dan ada yang berbayar. Berikut kami informasikan update harga tiket untuk masing-masing tempat wisata di sekitar selat ini:
Atraksi pembalasan
Pantai Watudodol Rp 5,000.00 per orang (weekdays)

Rp 7.000.00 per orang (weekend)
Pantai Cacalan gratis
Pantai Dermaga Cinta Gratis
Pantai Boom Rp10.000 per orang (weekdays)

Rp 15.000.00 per orang (weekend)
Bangsring Underwater Rp 2.000,00 per orang
Sewa Jeep Rp.300.000.- Rp.500.000.00
pulau tawon gratis
Pantai Gilimanuk gratis
Pulau Menjangan Rp 15.000.00 per orang

Biaya tiket untuk beberapa tempat wisata berbayar seperti Pulau Menjangan, Pantai Boom, dll dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Jadi ada baiknya untuk mengupdate harga tiket terbaru agar bisa mempersiapkan budget dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan daftar harga tiket di atas sebagai referensi sebelum memutuskan untuk berlibur di selat ini.
Tempat wisata di dekat Selat Bali

Jalan penghubung Banyuwangi-Bali menawarkan panorama alam laut yang menakjubkan. Dari kejauhan tampak seperti pulau Bali atau sebaliknya seperti pulau Jawa; tergantung dari sisi mana Anda melihat.

Selain panorama, selat ini juga terlihat lebih menarik karena keberadaan sejumlah tempat wisata di dekatnya. Berikut beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di selat ini:
Pantai Watudodol

Pantai Pantai Grand Watudodol

Wisata pantai ini hanya berjarak 7 km dari Pelabuhan Ketapang, atau sekitar 10 menit jika menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi pantai ini berada di Dusun Bangsring, Kabupaten Wonorejo.

Nama Watudodol sendiri terinspirasi dari keberadaan batu karang besar di pinggir pantai. Bentuknya yang panjang dan mirip dengan dodol, salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi.

Pantai ini tidak memiliki pasir. Hanya saja kawasan tersebut penuh dengan koral dan koral. Arus dan ombaknya besar, sehingga sangat tidak nyaman dan berbahaya untuk berenang di pantai ini.
Pantai Cacalan

Pantai Cacalan

Kawasan wisata pantai ini lebih dekat dengan pelabuhan Ketapang. Jaraknya hanya sekitar 6 KM. Lokasi pantai ini berada di kecamatan Kalipuro.

Ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam. Ombak di pantai ini juga cukup bersahabat, jadi biasanya lebih aman untuk berenang

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja