Apa itu pemasaran digital? Pengertian, manfaat dan contohnya

Pemasaran digital adalah salah satu keterampilan terpenting yang perlu Anda kuasai untuk memasarkan produk atau layanan apa pun. Mengapa demikian?

Karena digital marketing membuat strategi periklanan Anda lebih praktis dan efektif. Ini dilakukan melalui penggunaan berbagai platform digital (mesin pencari, media sosial, perangkat seluler, dll.).

Apa itu pemasaran digital? Pengertian, manfaat dan contohnya

Apa-itu-pemasaran-digital-Pengertian-manfaat-dan-contohnya

Tak heran, saat ini banyak perusahaan dan bisnis membutuhkan tenaga ahli digital marketing. Faktanya, 89% perusahaan telah menerapkan strategi pemasaran digital.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi seorang digital marketing professional yang sukses, mari kita mulai dengan mempelajari apa itu digital marketing dan hal-hal penting yang masuk ke dalamnya!

Apa itu pemasaran digital?

Digital marketing adalah upaya memasarkan produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, Situs Web, dan platform lainnya.

Bahkan, ada lebih dari 4,8 miliar pengguna internet di seluruh dunia (data laporan). Artinya semakin banyak orang yang terkoneksi dengan internet, membutuhkan upaya digital marketing.
Sumber: Data Laporan

Menghadapi peluang unik ini, berbagai level bisnis telah menerapkan strategi digital marketing. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Selain itu, masih banyak kelebihan dan manfaat dari strategi digital marketing yang akan Anda pelajari pada pembahasan selanjutnya

Baca Juga: Kewirausahaan: Kunci Sukses Membangun Bisnis di Era Digital!
7 manfaat pemasaran digital untuk bisnis Anda

Berikut adalah sejumlah manfaat pemasaran digital yang tidak boleh dilewatkan:
1. Jangkauan yang Ditargetkan

Manfaat pertama pemasaran digital adalah jangkauannya tepat. Karena Anda dapat menangani kelompok sasaran tertentu. Mulai dari wilayah, usia, jenis kelamin, hingga detail lainnya.

Katakanlah Anda menggunakan iklan Facebook dan menargetkan iklan ke semua orang di Mojokerto, usia 21-65, yang tertarik dengan produk gratis.

Menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang diterapkan oleh berbagai platform periklanan online, iklan ini hanya ditampilkan kepada audiens yang riwayat penelusuran, transaksi, dan minatnya cocok dengan iklan Anda. Ini memungkinkan iklan Anda mencapai sasarannya dengan lebih efisien dan efektif.
Contoh setting fb ads

Tentu hal ini berbeda dengan pemasaran tradisional seperti memasang baliho. Anda harus menentukan dulu lokasi billboard mana yang strategis di kota. Belum lagi Anda tidak bisa memilih target audiens. Semuanya agak menjengkelkan, bukan?

Oleh karena itu, manfaat pemasaran digital untuk efektivitas bisnis cukup terasa. Baik dari segi waktu, biaya maupun tenaga.

Tetapi penting untuk diingat bahwa keberhasilan setiap strategi pemasaran digital juga ditentukan oleh target pasar. Dengan membidik target pasar yang tepat, peluang keberhasilan strategi semakin besar.
Panduan untuk iklan fb
2. Hemat biaya

Manfaat pemasaran digital selanjutnya adalah efisiensi biaya. Bahkan, Anda bebas menentukan anggaran sendiri, lho.

Kira-kira ini adalah kisaran biaya untuk pemasaran digital:

Kisaran biaya pemasaran digital
Jenis Biaya Pemasaran Digital
Pembuatan website Rp 26.000 – Rp 2,5 juta
SEO Gratis – berbayar (tergantung alat yang digunakan)
SEM Mulai dari Rp 4 Juta
Email Marketing Rp 80.000 – Rp 360.000
PPC (Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dll) Rp 10.000 – Jutaan (sesuai kebutuhan)

Tentu saja, biaya pemasaran digital jauh lebih rendah daripada pemasaran tradisional. Secara garis besar, berikut adalah biaya iklan tradisional:

Kisaran biaya iklan tradisional
Biaya jenis iklan tradisional
Rak koran 61.000 Rp./mmk
Pasang reklame/reklame Rp.600 ribu/m2
Iklan di TV nasional Rp. 14 juta – Rp. 100 juta

Apakah Anda sekarang melihat dengan jelas perbedaan biaya antara pemasaran digital dan pemasaran tradisional? Ini menunjukkan bahwa pemasaran digital memang jauh lebih murah daripada periklanan tradisional.

Baca Juga: Mahal atau Murah? Ini adalah biaya pengembangan situs web pada tahun 2022
3. Mampu menjalin komunikasi tatap muka dengan calon klien

Dengan pemasaran digital, Anda dapat menjalin komunikasi tatap muka atau pemasaran yang dipersonalisasi dengan pelanggan potensial.

Tentu saja, ini penting mengingat 80% pelanggan lebih cenderung membeli produk atau layanan dari merek yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi. Tidak mengherankan, p

IHAT JUGA :

jasa penulis artikel terpercaya