MENIT PERTAMA

Kumpulan Berita Terpopuler, Independen, dan Terpercaya

Bandung United Punya Pelatih Baru

3 min read

BANDUNG, (PR).- Menjelang pertandingan pekan ke-16 Liga 2 2019 saat menjamu Babel United, manajemen Bandung United menunjuk Budiman sebagai pelatih menggantikan posisi Liestiadi yang mengundurkan diri usai timnya dikalahkan Persibat Batang di pertandingan sebelumnya.

Manajer Bandung United, Yoyo S. Adiredja mengatakan, Liestiadi menyampaikan pengunduran dirinya sebagai wujud tanggung jawab atas prestasi Bandung United yang saat ini berada di zona degradasi.

“Penjelasannya disamaikan ke PT, beliau hanya singkat bahwa dia mengundurkan diri sebagai apa yang sudah di capai di Liga 2. Kemudian manajemen berunding karena bagaimanapun masih ada tujuh sisa  pertandingan yaitu empat  di rumah dan tiga kandang, jadi  harus ada yang pegang. Alternatif yang cepat satu-satunya adalah menunjuk budiman yang sudah banyak mengenal sebagian besar pemain yang ada di Bandung United,”tutur Yoyo, Rabu 11 September 2019.

Dia menambahkan, Liestiadi menyampaikan pengunduran dirinya kemarn malam dan kebetulan saat itu ada acara dengan komisaris. Budiman sendiri akan langsung memimpin latihan pada ujicoba lapangan menjelang pertandingan lawan Babel United, di Stadion Siliwangi.

Manajemen Bandung United pun langsung mendaftarkan Budiman sebagai pelatih kepada PSSI, sehingga pada pertandingan nanti bisa langsung memimpin tim. “Jadi ada proses pencabutan status di Bandung United dan proses pendaftaran di PT yang lainnya bahwa  Budiman menggantikan Liestiadi,” katanya.

Kenal pemain

Ditunjuknya Budiman selain salah satu pertimbangannya adalah mengenal mayoritas karakteristik pemain, juga pengalamannya dalam memimpin tim sudah tidak diragukan. “Salah satunya karena pak Budiman yang selama ini banyak mengenal pemain yang tadinya dipegang budiman di Persib U-19 seperti Wildan, Puja, Agung,” ujarnya.

Mengenai status Budiman sebagai asisten pelatih Robert Alberts di Persib, Yoyo pun telah betemu dengan pelatih asal Belanda tersebut dan dia sangat mendukung penuh mengenai apa yang didiskusikan mengenai masa depan Bandung United.

Alasan baru ditunjuknya Budiman padahal posisi Bandung United sedang krisis, karena secara teknis permasalahan yang dihadapi tidaklah mudah dimana Budiman juga sedang fokus penuh untuk membawa Persib kembali naik ke papan atas.

“Mungkin ini juga karena Liestiadi mundur, jadi harus ada yang mengambil alih. Meski akhirnya tim sudah di dasar klasemen. Insya Allah mungkin karena Budiman sudah mengenal pemain kan ada pemain yang dari Persib U-19, sehingga adaptasi juga akan lebih cepat,” ucapnya.

Yoyo berharap, dengan ditanganinya Bandung United oleh Budiman diharapkan bisa mengangkat tim tersebut lolos dari zona degradasi. “Masih ada tujuh pertandingan lagi. Insya Allah bisa selamat,” katanya.

Siap mental

Sementara itu menghadapi Babel United, pelatih fisik Bandung United Gilang Fauzi mengatakan, secata teknis timnya sudah siap 100 persen untuk menjalani pertandingan dipekan ke-16 nanti.

“Secara fisik dan mental semua pemain sudah siap untuk meraih poin penuh apalagi pertandingan besok main di kandang. Meski ada pergantian pelatih, komposisi pemain tetap karena transfer window sudah di tutup, sehingga akan memaksimalkan kemampuan yang ada,” ujarnya.

Pertandingan nanti akan sangat penting, karena Bandung United mencoba untuk meraih poin penuh demi membuka peluang untuk naik dan keluar dari zona degradasi. Saat ini tim tersebut masih berada di peringkat ke-11 wilayah barat dengan nilai 10 hasil dari 2 kali menang, 4 kali imbang, dan 9 kali kalah.

Pelatih Babel United I  Putu Gede Dwi Santoso  mengatakan, dirinya mengaku kaget karena Bandung United melakukan pergantian pelatih dari Liestiadi ke Budiman. Hal tersebut membuat kekuatan lawannya itu pun akan berubah.

“Saya baru tahu pelatihnya baru. Ini bahaya juga karena penggantinya tahu karakter pemainnya, ini yang saya anggap malah ini satu kekuatan bagi Bandung United, karena Budiman punya pengalaman dan Budiman sudah tahu semuanya, kecuali yang datang pelatih lain yang hanya menjalankan saja. Saya pikir Budiman bisa membalikan ke rel yang benar jadi  tahu semua, buat saya ini berita buruk malah,” ungkapnya.

Pelatih yang sebelumnya menangani Perseru Serui ini menambahkan, pada laga tandang kali ini Babel United membawa 27 pemain. Namun, dua diantaranya mengalami cedera dan masih dipantau oleh dokter tim.

“Untuk pertandingan besok kami Babel United sangat siap, dan ini lawatan away ketiga. Inilah jalan satu-satunya kita mengambil poin, karena di dua lawatan kemarin kita nihil. Mudah-mudahan besok kita dapat poin, untuk persiapan kita sudah lancar, tinggal besok maksimalkan kesempatan yang ada,” tuturnya.***

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA PIKIRAN RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *