Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure

Teks deskriptif: definisi, tujuan, struktur umum dan 2 contoh dalam kalimat bahasa Inggris

descriptive-generic-structure

Definisi, tujuan, struktur umum ‘Descriptive Text’ beserta contohnya yang perlu dipahami

Sahabat KBI pernah mendengar teks deskriptif dalam bahasa Inggris? Apa itu teks deskriptif dalam bahasa Inggris dan bagaimana Anda menggambarkannya? Perhatikan gambar di bawah ini:

Lihat gambarnya, itu gambar siapa? Ya! seorang seniman barat yang terkenal karena film fenomenalnya Leonardo Decaprio. Gambar tersebut menunjukkan beberapa lingkaran yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada semua teman KBI tentang cara mendeskripsikan seseorang. Berdasarkan gambar tersebut, kita dapat menggambarkan Leonardo dengan namanya, kemudian di mana ia dilahirkan dan dibesarkan, kemudian kita dapat menggambarkan bagian-bagian fisiknya, mulai dari ukurannya hingga bentuk hidung atau matanya. Di akhir paragraf kita juga bisa menarik kesimpulan tentang seperti apa karakter Leonardo di mata kita. Namun, bagian ini tidak wajib, itu hanya pilihan.

Apa itu teks deskriptif?

Setelah berbicara sedikit tentang teks deskriptif pada contoh di atas, sekarang admin akan membahas secara rinci apa yang dimaksud dengan teks deskriptif itu sendiri.

Teks deskriptif adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek secara detail dan jelas serta untuk menggambarkannya, baik itu manusia, objek, alam, atau pemandangan.

Apa tujuan dari teks deskriptif?

Apa tujuan sebenarnya dari teks deskriptif? Teks deskriptif secara alami bertujuan untuk memberikan pembaca atau pendengar informasi rinci tentang objek tertentu. Contoh deskripsi gunung berapi di Indonesia. Deskriptor akan menggambarkan gunung berapi secara detail dan jelas sehingga informasi tentang gunung berapi dapat dipahami dengan baik.

Apa struktur umum teks deskriptif?

Apa itu struktur generik? Struktur generik adalah susunan umum dari teks deskriptif itu sendiri. Kategori apa yang terkandung dalam teks.

Struktur generik dalam teks deskriptif terbagi menjadi 3 yaitu identifikasi (identification), deskripsi (deskripsi) dan juga kesimpulan (conclusion).

Berikut ini adalah struktur umum teks deskriptif.

  • Identifikasi: Itu menjelaskan objek, tetapi belum secara detail, jadi hanya intro atau pembuka.
  • Description : Pada fase ini kita menjelaskan secara detail atau detail objek yang telah kita gambarkan.
  • Kesimpulan: Kesimpulan ini dapat digunakan atau tidak, sehingga keberadaannya tidak begitu penting.

Contoh teks deskripsi

  • Saya tinggal di sebuah rumah kecil, memiliki lima kamar: ada dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur. Saya suka tinggal di sana.
  • Saat pintu terbuka aku bisa melihat ruang tamu. itu kecil dengan hanya tiga kursi dan meja, tidak ada yang lain. Saya lebih suka membaca novel di ruangan ini.
  • Kamar tidur saya ada di sisi kiri ruang tamu. di ruang tamu ini ada meja samping tempat tidur di samping tempat tidur, tv, radio dan komputer, ketika saya di papan baca saya biasanya bermain game online atau mengobrol dengan teman-teman saya di facebook dan sebagainya.

Aku tahu itu rumah yang sangat kecil, tapi aku sangat menyukainya.

  • Saya tinggal di sebuah rumah kecil, memiliki lima kamar: ada dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur. Saya suka tinggal di sana.
  • Saat pintu terbuka, aku bisa melihat ruangan itu. Sangat kecil dengan hanya tiga kursi dan meja, tidak ada yang lain. Saya lebih suka membaca novel di ruangan ini.
  • Kamarku berada di sisi kiri ruang tamu. di ruangan ini ada meja samping tempat tidur di samping tempat tidur, tv, radio dan komputer, ketika saya seorang administrator membaca saya biasanya bermain game online atau mengobrol dengan teman di facebook dan sebagainya.
  • Aku tahu itu rumah yang sangat kecil, tapi aku sangat menyukainya.

Contoh lainnya

  • Kitty adalah kucing hitam saya yang lucu. Terkadang sangat nakal, sangat pintar, seperti bermain bola. itu kadang-kadang bermain dengan saya. itu suka bermain dengan segala sesuatu. kucing ini selalu lucu.
  • Kitty selalu di dekatku, dia terlihat imut. matanya bulat. Anak kucing memiliki ekor. bulunya coklat, anak kucing saya kecil tapi gemuk.
  • Kitty adalah kucing hitam saya yang lucu. Terkadang dia sangat nakal, dia sangat cerdas, seperti sedang bermain bola. bermain dengan saya kadang-kadang. dia suka bermain dengan segalanya. Kucing saya selalu menyenangkan.
    Kitty selalu di dekatku, dia terlihat imut. matamu sangat bulat. Kitty memiliki ekor yang panjang. bulunya berwarna coklat. kucing saya kecil tapi gemuk.

Demikian teks deskriptif dalam bahasa inggris, semoga bisa menjadi referensi belajar bagi teman-teman KBI semua yang memiliki semangat belajar ya?

Sumber :