Pengertian Ekonomi Manajerial, Ruang Lingkup, Peran

Definisi ekonomi manajerial

ekonomi-manajerial

Definisi ekonomi manajemen ini merupakan penerapan teori ekonomi dan rangkaian analisis ilmu keputusan. Ilmu ini membahas bagaimana suatu organisasi atau perusahaan dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Sederhananya, administrasi bisnis ingin dapat menggabungkan pengetahuan ekonomi dan langkah-langkah pengambilan keputusan. Dalam hal ini, ekonomi manajemen penting sebagai strategi yang paling efisien dan efektif untuk menjalankan perusahaan.

Informasi lebih lanjut tentang ekonomi manajemen dan ruang lingkupnya dibahas di bawah ini:

Pahami ilmu ekonomi manajemen menurut para ahli

Di bawah ini adalah uraian dari beberapa ahli dalam mendefinisikan ilmu ekonomi manajemen. Berikut ini termasuk:

1. Hirschey (2003)

Menurut Hirschey, ekonomi manajemen merupakan penerapan teori ekonomi sebagai metode pengambilan keputusan manajemen dan administrasi.

2. Dominic Salavatore (1996)

Menurut Dominic Salavatore, konsep ekonomi manajemen adalah suatu ilmu atau wawasan yang menunjukkan adanya teori ekonomi dan analisis pengambilan keputusan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk mempelajari bagaimana perusahaan dapat mencapai tujuannya secara efisien.

3. Ket (2000)

Menurut Ket, ilmu ekonomi manajemen adalah ilmu dan seni mengatur dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

4. Evan J Douglas (1995)

Menurut Evan J. Douglas konsep ekonomi manajemen merupakan bagian dari ilmu yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan suatu perusahaan / organisasi.

5. Mc. Connel (1993)

Menurut Mc. Connel, memahami ekonomi manajemen merupakan alat analisis yang sangat penting bagi manajer untuk membuat keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ilmu ekonomi manajemen ini merupakan gabungan antara ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Ruang lingkup manajemen bisnis

Berkenaan dengan definisi ilmu ekonomi manajemen yang diuraikan di atas, maka dalam penerapannya terdapat ruang lingkup ilmu ekonomi manajemen sebagai berikut:

1. Teori ekonomi

Adanya teori ekonomi ini dapat menjadi acuan pengambilan keputusan. Teori ekonomi terdiri dari teori ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Mikroekonomi mencakup sejumlah teori untuk membuat keputusan berdasarkan perilaku ekonomi; B. pemilik sumber daya, sistem perdagangan bebas dan juga konsumen perorangan. Teori makro membahas tentang sistem pengambilan keputusan berdasarkan produksi, pendapatan, investasi, konsumsi, lapangan kerja dan juga agregat ekonomi.

2. Pengambilan keputusan

Prinsip kebijakan ekonomi ini didasarkan pada alokasi sumber daya yang langka seperti prinsip “orang, uang, material, metode”.

Peran ekonomi manajemen dalam keputusan manajemen harus menerapkan teori dan metode ekonomi. Kemudian keduanya dipadukan dengan alat dan teknik analisis ekonomi agar dapat menyelesaikan masalah pengelolaan secara optimal.

3. Ilmu keputusan

Matematika, serta ekonometrika atau statistik, dapat digunakan sebagai model pengambilan keputusan untuk menentukan langkah optimal yang harus diambil perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuannya.

4. Administrasi Bisnis

Administrasi publik dalam bisnis dapat menjadi latar belakang teoritis untuk pengambilan keputusan, termasuk keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan pemasaran dan manajemen produksi.

Peran dan tujuan administrasi bisnis

Berikut adalah beberapa peran dan tujuan ekonomi manajemen yang diterapkan dalam membangun bisnis:

1. Sebagai alat evaluasi

Ekonomi manajerial dapat berfungsi sebagai alat evaluasi jika terjadi pergantian manajer baru. Kemudian manajer baru dapat belajar dari strategi bisnis yang dikejar oleh manajer lama apa yang hilang dan apa yang dapat dilanjutkan.

Era baru ini tentunya akan membawa pasar baru yang lebih kompetitif dalam dunia bisnis. Artinya harus dilakukan penilaian terhadap kebijakan sebelumnya.

2. Membantu para manajer memecahkan masalah

Ekonomi manajerial sangat membantu sebagai seorang analis dalam membuat keputusan tentang manajer.

Sebagaimana kita ketahui, kemajuan ekonomi ini telah membawa kemajuan dalam perubahan kondisi pasar, sehingga perlunya reformasi kebijakan merupakan upaya untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis yang lebih baik dan efektif.

3. Kelola keuangan

Dengan ekonomi manajemen ini, juga dapat digunakan untuk mengelola sistem keuangan yang baik. Ekonomi manajemen penting dalam menentukan biaya mana yang penting dan mana yang tidak perlu. Tujuannya untuk menghindari defisit korporasi.

4. Pengetahuan tentang lingkungan industri, perusahaan dan ekonomi

Ekonomi manajemen ini juga berperan dalam analisis lingkungan industri, perusahaan atau ekonomi. Analisis lingkungan ini harus dilakukan untuk mengetahui keadaan konsumen, pemasok, dan pesaing.

Selain itu, perusahaan tersebut harus melakukan analisis lingkungan di mana produknya dipamerkan. Studi lingkungan sangat penting untuk tahap pengambilan keputusan, dan dari sini perusahaan akan memutuskan bagaimana mencapai manfaat yang diinginkan.

5. Dapatkan keuntungan bisnis

Dari pemahaman ekonomi bisnis ini, dinyatakan bahwa tujuan menguntungkan perusahaan. Strategi ekonomi manajemen diharapkan dapat menganalisis hal-hal yang menguntungkan bagi perusahaan.

Contoh eksekusi

Salah satu contoh implementasinya adalah kegiatan atau kegiatan di rumah sakit merawat pasien. Rumah sakit perlu memiliki informasi yang akurat tentang jumlah pasien yang dapat dirawatnya setiap hari.

Selain itu, rumah sakit juga harus memiliki standar prosedur bagi dokter, perawat, dan seluruh staf rumah sakit agar dapat bekerja secara terus menerus dan bergilir dalam kurun waktu tertentu.

Tentu saja, untuk kinerja yang optimal, Anda harus mulai dengan membuat keputusan yang tepat tentang alur kerja standar. Dengan cara ini, kesalahan dan kekurangan dapat diminimalkan.

Demikian penjelasan tentang pengertian ekonomi manajemen, ruang lingkup, peran, tujuan dan contoh. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Terimakasih banyak.

Sumber :