Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli

Kecepatan adalah jarak yang ditempuh suatu benda dalam setiap satuan waktu. Kecepatan adalah besaran yang bergantung pada arah, sehingga kecepatan terkandung dalam besaran vektor. Dalam kasus pergerakan satu dimensi, arah kecepatan dapat dinyatakan sebagai tanda positif atau negatif. Konsep kecepatan terbagi menjadi dua bagian yaitu kecepatan arus dan kecepatan rata-rata.

  • Kecepatan saat ini adalah kecepatan benda pada suatu titik waktu
  • Kecepatan rata-rata adalah hasil bagi antara shift dan interval dari waktu ke waktu.

Kecepatan ini dapat diukur dengan alat yang disebut velocitometer.

Agility adalah kemampuan seseorang untuk bergerak dengan sangat cepat dan juga untuk mengubah arah dengan terampil. Agility merupakan kombinasi dari kecepatan, kecepatan reaksi, keseimbangan, fleksibilitas, kekuatan dan juga koordinasi neuromuskuler. Latihan fleksibilitas sangat bermanfaat untuk anggota tubuh tertentu seperti lengan, tungkai, dll.

kecepatan-dan-kelincahan

Pengertian kecepatan Menurut para ahli

Saifudin (1999: 1-11) mengutip konsep kecepatan dari Treadwell (1991). Kecepatan tidak hanya berfokus pada kecepatan tubuh total, tetapi juga mencakup waktu yang dibutuhkan pemain untuk bereaksi terhadap suatu rangsangan. Kemampuan ini memastikan jarak yang lebih pendek untuk bisa menggerakkan tubuh. Kecepatan ini juga berarti tidak hanya menggerakkan seluruh bagian tubuh dengan sangat cepat, tetapi juga menggerakkan anggota tubuh dalam waktu secepat mungkin. Dalam olahraga, misalnya lari cepat, kecepatan lari ditentukan oleh / oleh gerakan organ kaki secara berurutan, yang dilakukan dengan sangat cepat. Kecepatan bola ditendang juga ditentukan oleh apakah anggota tubuh menutupi jarak tendangan.

Kecepatan anggota tubuh lain seperti lengan atau tungkai juga sangat penting. Berguna untuk mempercepat objek luar seperti sepak bola, bola basket, tenis, target tanah liat, bola voli, dan sejenisnya. Kecepatan ini juga bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhinya yaitu kekuatan (strength), waktu reaksi dan fleksibilitas (Harsono 1988: 216). Mampu menggerakkan kecepatan merupakan hasil dari jarak per satuan waktu (m / s), misalnya 100 km per jam atau 120 meter per sekon.

Kecepatan ini mengacu pada kecepatan gerakan saat melakukan suatu keterampilan, bukan hanya kecepatan lari. Menggerakkan kaki dengan cepat merupakan keterampilan fisik yang paling penting dari seorang bek dan perlu peningkatan sehingga kemampuan mengubah arah di saat-saat terakhir juga penting. Kecepatan merupakan salah satu komponen kebugaran jasmani. Menurut Mochamad Sajoto (1995: 9) kecepatan merupakan salah satu kemampuan untuk melakukan suatu gerakan secara terus menerus dalam waktu yang sangat singkat.

Jenis kecepatan

Menurut Suharno (1985: 31) ada tiga kecepatan yaitu kecepatan lari, kecepatan reaksi dan kecepatan gerak, untuk penjelasan lebih lanjut:

1) Kecepatan lari

Kecepatan lari adalah kemampuan tubuh atlet untuk bergerak maju dengan kekuatan dan kecepatan yang maksimal untuk mencapai hasil yang terbaik. Contohnya adalah seorang pemain sepak bola yang mengejar bola.

2) kecepatan respons

Kecepatan respon adalah kemampuan atlit untuk merespon suatu rangsangan secepat mungkin untuk mencapai hasil yang terbaik. Misalnya, saat seorang pemain sepak bola menerima umpan, pemain tersebut langsung merespons dengan kecepatan atau kecekatan.

3) kecepatan gerakan

Kecepatan gerak adalah kemampuan organ tubuh atlet untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang terus menerus.

Bentuk pelatihan kecepatan

Dalam hal kecepatan latihan, yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh dan, tentu saja, melakukan latihan. Adapun bentuk-bentuk latihan kecepatan antara lain:

  • Sebuah. Lari 60 meter lebih cepat.
  • Lari maju mundur sejauh enam meter dengan membentuk lari delapan (shuttle run).

Sumber :