27 Makanan Khas Bandung Paling Enak

27 Makanan Bandung Terlezat

27 Makanan Khas Bandung Paling Enak

Makanan khas Bandung menjadi sajian istimewa untuk melengkapi liburan keluarga Anda. Kota yang bernama Bandung Lautan Api ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Diketahui bahwa makan makanan pedas dengan nasi hangat dapat meningkatkan nafsu makan.

Bagi Anda yang sedang diet, mungkin rasanya kurang cocok berkunjung ke Bandung. Karena makanan di sini enak. Rugi sekali jika tidak mencoba satu per satu. Tak penasaran dengan ragam masakannya, yuk simak kelanjutan eksplorasi kuliner di ibu kota Jawa Barat ini.

1. Nasi Tutug Oncom
makanan khas bandung terbaru
Foto: https://www.instagram.com/henjiwong/

Menu pertama yang bisa kamu santap adalah Nasi Tutug Oncom yang rasanya enak. Makanan khas Sunda ini memang menjadi favorit di kalangan wisatawan.

Bahkan, sajian utama yang memadukan nasi dengan oncom bakar atau goreng ini telah merambah ke berbagai restoran bintang lima.

Nama Tutug Oncom sendiri berasal dari proses pembuatan nasi yang ditumbuk bersama dengan Oncom. Dalam bahasa Sunda disebut tutug.

Isiannya juga bermacam-macam, ada yang menggunakan sambal, tahu, tempe, ayam, daun kemangi, timun dan tomat, ada juga yang menggantikan sayur atau terong goreng untuk tahu dan tempe.
2. Mie Kocok
Makanan enak di bandung
Foto: https://www.instagram.com/novamardiana07/

Makanan khas Bandung dengan kuah ini adalah makanan yang paling cocok untuk sore hari. Udara dingin yang menyerang membuat semua orang kesulitan untuk menolak menu yang satu ini.

Isinya terdiri dari mie, tauge, kikil, sambal, dan irisan jeruk nipis, ditambah irisan seledri dan dilumuri saus beraroma zesty.

Disebut mi goyang karena dibuat dengan cara dikocok dan taoge dicelupkan ke dalam air panas hingga layu. Konon katanya makanan ini sudah ada sejak tahun 1958 lho.
3. Empal Gepuk
empal gemuk
Foto: https://www.instagram.com/makgadiis/

Makanan Sunda terdekat yang bisa Anda santap adalah Empal Gepuk. Bahan utamanya adalah daging sapi, yang dipotong mengikuti alur.

Selanjutnya, tumbuk sampai empuk untuk dimakan. Masak hingga setengah matang dan bumbui dengan gula merah dan air asam jawa, bawang merah dan bawang putih.
4. Bandro
kue bandung
Foto: https://www.instagram.com/teh_haniyah/

Jangan salah sangka, nama di atas bukanlah bus yang biasa digunakan untuk keliling kota Bandung, melainkan makanan khas sunda yang memiliki cita rasa tinggi. Terbuat dari tepung beras, daun suji, kelapa parut dan santan.

Ada dua jenis bandros yang bisa Anda nikmati asin dan manis. Bentuknya hampir mirip kue pukis lho, sengaja dibuat sama bentuknya. Kamu bisa membelinya dengan harga 2.000-5.000 rupiah di pasar-pasar terdekat di kota Bandung.
5. Siomay
Siomay khas bandung
Foto: https://www.instagram.com/magdahlena_brian/

Makanan yang satu ini memang paling enak dan tidak ada duanya. Dimana bahan dari pembuatan siomay adalah ikan. Jenis dimsum yang berbentuk bulat dan cara memakannya dicelupkan ke dalam saus kacang yang memiliki rasa pedas dan gurih.

Dalam masakan Cina, pangsit mengandung ayam dan udang. Namun, di Jawa Barat dan beberapa kota lainnya. Makanan ini biasanya dipasangkan dengan kentang, tahu, pare, dan kol.

Sumber :