Lakukan 10 Cara Merawat Mobil Baru Biar Awet

Tips merawat mobil baru dengan baik dan benar

Lakukan 10 Cara Merawat Mobil Baru Biar Awet

1. Perlindungan interior mobil dari jamur

Tips merawat mobil baru yang pertama adalah dengan selalu melindungi tubuh dari serangan jamur. Biasanya jamur ini menyerang kaca mobil atau cat bodi mobil Anda. Jika ada jamur tentu akan merusak tampilan mobil Anda dan membuat mobil terlihat kotor.

Cara menghindari jamur pada mobil sangat sederhana, Anda hanya perlu menjaga kondisi mobil tidak dalam keadaan lembab dan tidak terus-menerus mengekspos mobil Anda ke hujan lalu panas. Jika mobil Anda terkena hujan, Anda harus segera menyekanya dengan kain dengan daya serap kering yang kuat, seperti B. dengan kain mikrofiber. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan mantel mobil saat hujan karena dapat menyebabkan jamur terbentuk pada mobil Anda.
2. Cuci mobil biasa

Tips merawat mobil baru selanjutnya dengan rutin mencuci mobil baru anda. Meski terlihat sepele, mencuci mobil secara rutin bisa mempengaruhi performa mobil. Mencuci mobil merupakan hal yang sederhana, Anda hanya perlu berhati-hati dan teliti agar nantinya tidak ada bagian mobil yang rusak akibat proses pencucian mobil.

Disarankan agar Anda mencuci mobil baru setiap kali mobil terlihat kotor. Ini bisa sangat membantu dalam menghilangkan kotoran yang menempel saat mengemudi. Kotoran yang terlalu lama menempel pada mobil baru Anda sulit untuk dihilangkan dan dapat menyebabkan kerusakan pada suku cadang mobil baru Anda. Disarankan untuk selalu menggunakan kain microfiber untuk mengeringkan untuk menghindari goresan pada bodywork baru Anda.
Viral: 4 daftar mobil listrik Indonesia yang bisa dipilih
3. Hindari sinar matahari yang berlebihan

Tentunya mobil Anda akan selalu terkena sinar matahari saat berkendara. Tips merawat mobil baru anda selanjutnya dengan menjaga mobil anda di tempat yang teduh bila memungkinkan saat tidak digunakan. Ini mengurangi efek radiasi matahari.

Anda juga bisa menggunakan cover mobil saat kondisi panas. Mobil yang sering terkena sinar matahari secara berlebihan akan membuat cat mobil Anda kusam dan cepat pudar.
4. Menjaga kondisi cat mobil

Tips merawat mobil selanjutnya dengan selalu menjaga kondisi cat mobil baru anda. Pengaruh cuaca seperti sinar matahari langsung dan sisa air hujan yang menempel pada mobil bisa membuat cat mobil Anda kusam.

Cara merawatnya dengan pelindung cat mobil. Saat ini banyak sekali jenis pelindung cat mobil yang beredar di pasaran, masing-masing dengan harga, kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Anda sudah melihatnya di pembahasan sebelumnya tentang pelindung cat mobil terbaik.
5. Selalu rutin membersihkan interior mobil

Selain membersihkan bagian luar mobil, tentunya Anda juga harus rutin membersihkan bagian dalam mobil. Untuk membersihkan kabin, Anda hanya perlu menyiapkan kain bersih dan cairan pembersih yang dirancang khusus untuk mobil. Disarankan untuk tidak menyemprotkan cairan pembersih langsung ke dalam mobil saat membersihkan interior mobil. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu bagian kelistrikan mobil Anda.

Anda juga bisa menggunakan penyedot debu khusus untuk menghilangkan debu di dalam mobil. Jika Anda merasa ada bagian interior kendaraan yang kotor, lepaskan bagian tersebut, cuci sampai bersih, lalu keringkan. Dengan rutin membersihkan interior mobil Anda dari debu, Anda bisa membuat sirkulasi udara di dalam mobil lebih sehat dan bersih.
6. Perawatan mesin mobil

Tips merawat mobil baru selanjutnya adalah selalu merawat mesin mobil Anda. Mesin mobil sendiri merupakan komponen terpenting dalam sebuah mobil yang berfungsi untuk mengangkat kendaraan. Namun seringkali kondisi mesin tidak pernah diperhatikan oleh pemiliknya, padahal kondisi mobil yang baik juga berarti performa yang sangat baik. Karena itulah mesin mobil membutuhkan petugas khusus agar selalu siap dalam bekerja.
Viral: Tips Perawatan Mobil Toyota Pick Up Agar Tetap Agile

Cara sederhana merawat mesin mobil adalah dengan rutin membersihkan debu yang terdapat di area mesin mobil. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya dengan kain atau menggunakan sikat pembersih, bahkan saat ini sudah banyak jenis pembersih khusus mesin mobil yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan mobil baru Anda.

Sumber :