Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Jumlah dan Fungsinya

Pahami kromosom manusia

pengertian-kromosom

Kromosom ini adalah unit genetik yang juga terdapat di semua inti sel semua makhluk hidup. Kromosom ini akan berbentuk rangkaian panjang molekul yang terdiri dari DNA atau protein.

Setiap sel terdiri dari 3 bagian utama termasuk inti, sitoplasma, atau membran pelindung sel. Ada juga benang halus di bagian inti, yang sering disebut sebagai “kromatid”. Saat sel membelah, benang halus dipintal untuk membentuk kromosom. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kromosom adalah suatu struktur padat yang tersusun dari 2 (dua) komponen molekul termasuk protein atau DNA. Struktur pada kromosom ini hanya terlihat jelas pada metafase pembelahan sel.

Struktur kromosom manusia

Struktur kromosom manusia meliputi:

Kromatid

Kromatid ini adalah bagian dari lengan kromosom yang terikat bersama. Kedua kromatid kembar ini terikat oleh sentromer. Nama jamak dari kromatid ini adalah Chromonema. Kromonema juga biasanya terjadi pada pembelahan sel profase atau kadang-kadang dalam interfase.

Sentromer

Ada area di kromosom ini yang tidak bisa / tidak bisa mengandung gen. Daerah ini juga dikenal sebagai sentromer. Pada saat pembelahan, sentromer ini merupakan struktur yang sangat penting dimana lengan kromosom saling terhubung pada setiap bagian kutub pembelahan. Bagian kromosom yang menempel pada sentromer disebut “kinetokor”.

Chromomers

Kromomer ini merupakan struktur berbentuk manik-manik yang merupakan kumpulan bahan kromatid yang terkadang terlihat pada perpecahan periode interfase. Pada kromosom yang telah atau telah terbagi beberapa kali, biasanya kromomer juga terlihat sangat jelas.

Telomer

Telomer ini merupakan bagian DNA pada kromosom yang fungsinya untuk menjaga kestabilan ujung kromosom agar DNA tidak rusak.

Jenis kromosom manusia

Setiap sel dalam tubuh suatu organisme pasti memiliki sekumpulan kromosom dengan jumlah tertentu. Sekumpulan kromosom juga dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu autosom atau gonosom.

Autosome

Autosom ini sering disebut sebagai kromosom tubuh atau kromosom somatik. Autosom ini merupakan kromosom yang menentukan sifat-sifat sel tubuh. Autosom ini tidak berperan dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme, yang jumlahnya dalam sel tubuh adalah 2n-2, dimana n = jumlah seluruh kromosom. Misal, jumlah sel autosom dalam tubuh manusia adalah 46-2 = 44 atau 22 pasang. Jumlah sel autosom pada tubuh ayam adalah 78-2 = 76 buah atau 38 pasang.

Gonosom

Gonosom ini sering disebut sebagai kromosom seks atau kromosom seks karena kromosom tersebut berperan dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme. Jumlah kromosom sex dalam sel manusia adalah 2 atau berpasangan. Jenis kelamin pada manusia ditentukan oleh jenis kromosom seks ini. Orang yang akan berjenis kelamin laki-laki akan memiliki kromosom X dan kromosom Y (XY) di dalam tubuhnya, sedangkan wanita akan memiliki sepasang kromosom X (XX).

Kita boleh atau boleh menulis tentang rumus kromosom yang dimiliki sel manusia, misalnya sel tubuh laki-laki 22AAXY, kromosom sel tubuh perempuan 22AAXX, kromosom sel telur 22AX, kromosom sel sperma laki-laki 22AY dan 22AX.

Jumlah kromosom manusia

Ada juga jumlah kromosom yang berbeda dalam tubuh suatu organisme.
Ada dua jenis kromosom pada organisme, diantaranya sebagai berikut:

  • Kromosom seks (genosom) menentukan jenis kelamin
  • Kromosom tubuh ini (autosom) tidak menentukan jenis kelamin
  • Kromosom pada makhluk hidup juga biasanya berpasangan, sehingga disebut diploid. Kromosom diploid ini dipertahankan dari generasi ke generasi melalui pembelahan mitosis (pembelahan yang menghasilkan dua anak yang memiliki ifat yang sama dengan orang tuanya). Kromosom yang berpasangan (homologous chromosomes) memiliki bentuk, ukuran, atau komposisi yang sama.

Fungsi kromosom manusia

Fungsi kromosom ini sangat penting, diantaranya sebagai berikut:

Simpan informasi genetik

Kromosom disusun oleh untaian rantai DNA yang berisi informasi genetik seseorang. Kode genetik setiap individu itu unik, sehingga bisa juga digunakan untuk menelusuri garis kekerabatan di dunia kedokteran atau kepolisian. Informasi genetik yang disimpan dalam suatu kromosom dapat atau juga dapat digunakan sebagai acuan untuk memeriksa kelainan bawaan atau buatan pada tubuh seseorang.

Mengatur metabolisme sel

Kromosom ini terletak di dalam inti sel, atau semua aktivitas sel diatur oleh inti dan sel sebenarnya berada di bawah kendali kromosom. Sintesis protein dalam organisme ini dapat dilakukan dengan menggunakan kode genetik tercetak yang disimpan pada kromosom.

Agen warisan

Ketika sel-sel ini berbagi mitosis atau meisosis, tahap duplikasi kromosom terjadi. Tujuannya agar dapat berbagi informasi genetik yang sama dengan sel-sel baru. Sedangkan sel gamet yang merupakan sel kelamin hanya memiliki separuh informasi dari tubuh induknya. Karena selama pembuahan terjadi penyatuan sel gamet. Orang-orang baru yang dididik memiliki informasi dari kedua orang tuanya.

Sekian dan terima kasih telah membaca pengertian kromosom, struktur, jenis, angka dan fungsinya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :