Pengertian Web Browser Adalah : Sejarah, Cara Kerja, Fungsi

Browser web: definisi, operasi, fungsi, dan contoh

Pengertian Web Browser Adalah : Sejarah, Cara Kerja, Fungsi

memahami browser web
memahami browser web

Peramban web adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk menelusuri, mengakses, menerima, atau menyajikan konten pada berbagai sumber informasi di Internet atau World Wide Web (WWW).

Secara harafiah dan bahasa, web itu sendiri adalah singkatan dari website, sedangkan browser adalah singkatan dari media explorer.

Singkatnya, browser web adalah alat untuk menjelajahi berbagai konten dan informasi di Internet, termasuk situs web, halaman, gambar, video, dan jenis konten lainnya. Di Indonesia sendiri, orang mengenal web browser sebagai web browser.

Dari pengertian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa web browser memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal di internet.

Dengan web browser, seperti sekarang ini, kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari di Internet, seperti berselancar (browsing) untuk mencari informasi tertentu, membaca berita terbaru, mengunduh video TikTok menggunakan alat pengunduh TikTok, hingga membuka situs Pendidikanpedia.

Oleh karena itu, browser menjadi bagian mendasar dari setiap pencarian informasi di seluruh dunia dan merupakan tempat pertama di mana semua pencarian yang diminta oleh orang-orang sebagai pengguna dicatat dan ditampilkan.
Cara kerja browser web
Cara kerja browser web

Bagaimana cara kerja browser web? Simak penjelasannya berupa langkah-langkah berikut ini:

Sebelum kita dapat menggunakan browser web, kita perlu menginstal dan menginstal perangkat lunak atau aplikasi browser sendiri di perangkat. Namun, biasanya sebuah perangkat (baik itu laptop, komputer, atau smartphone) dilengkapi dengan aplikasi browser web bawaan.
Kemudian, setelah terinstal, kita membuka aplikasi web browser.
Selanjutnya kita masukkan alamat website atau URL yang ingin kita akses pada address bar yang biasanya terletak di bagian atas. Dan tekan Enter.
Browser web bekerja secara otomatis dan mengambil data yang diperlukan dari situs web target dan kemudian menampilkannya kepada kami.

Jika kita tidak memasukkan alamat situs web atau URL, melainkan memasukkan kata-kata biasa, browser web akan mengarahkannya ke pencarian kata kunci tersebut menggunakan mesin pencari default yang digunakan, mis. misalnya Google.
Fitur Peramban Web
Fitur Peramban Web

Di bawah ini adalah beberapa fitur dari web browser:

Pencarian informasi yang mudah di Internet
Memastikan Keamanan Situs Web
Menyimpan situs web dan data di Internet
Membuka file dengan ekstensi tertentu
Mendukung penggunaan mesin pencari

1. Mudah mencari informasi di Internet

Ini adalah fungsi utama dari browser web. Dengan browser, kita dapat menelusuri dan mengakses website yang dituju dengan lebih mudah.
2. Memastikan Keamanan Situs Web

Semua web browser selalu melakukan serangkaian proses verifikasi atau otentikasi sebelum kita membuka sebuah website. Hal ini dilakukan untuk benar-benar memastikan apakah website yang kita akses aman atau berbahaya karena mengandung virus, malware atau hal lainnya.
3. Menyimpan situs web dan data di Internet

Kemudian browser juga berfungsi untuk menyimpan alamat suatu website, data atau konten di internet agar lebih mudah diakses dengan menggunakan fungsi bookmark.
4. Membuka file dengan ekstensi tertentu

Beberapa file dengan ekstensi tertentu dapat dibuka dengan browser, seperti file dengan ekstensi HTML, CSS, PHP, JS, PDF, dan lainnya.
5. Mendukung penggunaan mesin pencari

Search engine atau mesin pencari dan web browser adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling bekerjasama. Mesin pencari yang merupakan bagian dari web browser memudahkan kita dalam mencari informasi dan data di Internet.

Sumber :