MENIT PERTAMA

Kumpulan Berita Terpopuler, Independen, dan Terpercaya

PLN Tegaskan Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik

1 min read

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menegaskan, tidak ada kenaikan tarif listrik dalam waktu dekat. Hal itu sudah menjadi keputusan bersama perusahaan dengan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri.

Sebelumnya, PLN dan pemerintah menahan tarif listrik pada Januari hingga Maret 2019. Kepala Divisi Niaga PLN Yuddy Setyo Wicaksono menepis adanya pemberitaan tentang kenaikan tarif dasar listrik pada Juli.

Preview Uruguay vs Jepang: Mangsa Kanibal

“Itu hoaks,” ujarnya, Rabu (19/6). PLN juga menegaskan, sejak 2015 tidak pernah ada kenaikan tarif dasar listrik.

PLN mencatat sejak Juli 2015 hingga Desember 2018 terdapat penurunan tarif rata-rata untuk tegangan rendah 5 persen. Sedangkan untuk tarif tegangan menengah turun rata-rata 9 persen dan tegangan tinggi 8 persen.

Ada beberapa komponen dalam formula pembentukan tarif, yakni harga minyak mentah atau ICP (Indonesian Crude Price), inflasi, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Meski beberapa komponen dalam formula tersebut berpotensi naik, PLN berupaya melakukan efisiensi guna menekan tarif listrik.

Kerap Ganggu Emak-emak, Pria Lansia Ditemukan Tergeletak Berceceran Darah

PLN melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan sehingga kondisi keuangan tetap terjaga. Direktur Eksekutif IESR (Institute for Essential Services Reform) Fabby Tumiwa mengatakan, saat ini rata-rata tarif listrik sebenarnya sudah rendah dan tidak memberikan margin yang wajar bagi PLN.

Idealnya, PLN mendapatkan margin 10 persen. “Tapi, hari ini margin di bawah itu. Tarif yang ideal untuk PLN dan mengurangi beban subsidi pemerintah sekitar 10 persen dari tarif sekarang,” imbuhnya. (jp)

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA FAJAR MAKASSAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *