Qualcomm mengungkapkan tiga manfaat dari kemitraannya dengan Sony Semiconductor Solutions

Qualcomm mengungkapkan tiga manfaat dari kemitraannya dengan Sony Semiconductor Solutions

Qualcomm mengungkapkan tiga

Membuat kemajuan dalam teknologi kamera bersama

Lukman Azis – 3 Desember 2021

Sony dan Qualcomm

Pada Snapdragon Tech Summit 2021, Qualcomm memperkenalkan chipset smartphone flagship penerus Snapdragon 888, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Salah satu peningkatan terpenting terjadi di bidang pencitraan, Qualcomm memperkenalkan teknologi Snapdragon Sight – sebutan untuk prosesor 18-bit. prosesor sinyal gambar (ISP) dan dapat memproses data hingga 3,2 gigapiksel per detik.

Pada acara tersebut, Qualcomm juga mengumumkan kemitraannya dengan Sony Semiconductor Solutions untuk bekerja sama di dalam kantor pusat Qualcomm di San Diego. Informasi rinci tentang kemitraan tidak diungkapkan sama sekali, tetapi Qualcomm menyebutkan tiga keunggulan spesifik terkait dengan teknologi kamera.

Yang pertama adalah kemampuan akselerasi pengembangan image processing pada perangkat Snapdragon 8 Gen 1, apalagi kemampuan kamera menjadi aspek penting dan selalu menjadi sorotan dalam peluncuran smartphone flagship terbaru. Tampaknya Qualcomm berencana menggunakan keahlian Sony di bidang ini untuk meningkatkan teknologi pemrosesan sinyal gambarnya lebih cepat.

Manfaat kedua adalah kemampuan untuk secara cepat dan mudah membuat prototipe teknologi terbaru bersama-sama dan bahkan mengembangkan prototipe bersama-sama. Karena Qualcomm dan Sony berada di gedung yang sama dan berbagi fasilitas yang sama, mereka telah menghemat langkah ekstra dan birokrasi yang diperlukan ketika kemitraan tidak berada di bawah atap yang sama.

Yang ketiga adalah arsitektur yang dioptimalkan untuk perangkat keras masing-masing perusahaan. Kedekatan berarti siklus iterasi yang lebih cepat dan komunikasi yang lebih baik untuk menghadirkan sistem kamera yang lebih baik ke pasar lebih cepat dari sebelumnya.

Biarkan waktu menunjukkan buah apa yang dihasilkan kemitraan ini. Saya berharap dapat melihat sensor gambar 1 inci Xperia Pro-I pada smartphone unggulan tahun depan. Menarik juga untuk melihat aksesori kamera khusus, baik itu dengan modul lensa atau mikrofon eksternal, untuk meningkatkan kualitas videografi pada smartphone lebih jauh lagi.

Sumber :