Serba-serbi Doa Sholat Tarawih dan Witir Lengkap

Serba-serbi Doa Sholat Tarawih dan Witir Lengkap

Sibuk takkan menjadi alasan meninggalkan Salat Tarawih yang penuh kebaikan jika Anda tahu doa Sholat Tarawih dan Witir lengkap. Berikut adalah bacaan dan tata cara Salat Sunnah mandiri pada malam Ramadhan yang bisa Anda terapkan, simak hingga tuntas!

Serba-serbi-Doa-Sholat-Tarawih-dan-Witir-Lengkap

  1. Niat Salat Tarawih Munfarid

Bismillah, Aku niat Salat Sunah Tarawih dua rakaat menghadap ke arah kiblat karena Allah Yang Mahatinggi. Selain dua rakaat, Anda juga bisa melakukan Tarawih dengan empat rakaat sekali niat salat.

  1. Panduan Salat

Berikut adalah tata cara Salat Tarawih dari mulai niat hingga mengucap salam. Di antaranya, (1) niat secara lafal dibarengi dalam hati, dan (2) takbiratul ihram dengan mengagungkan nama Allah (takbir).

Selanjutnya, (3) membaca surah al-Fatihah, (4) membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an, (5) rukuk, dan (6) I’tidal. Berikutnya, (7) sujud pertama, (8) duduk antara dua sujud, dan (9) sujud kedua.

Kemudian, (10) tuma’ninah atau duduk sebentar sebelum lanjut ke rakaat kedua, dan (11) berdiri melaksanakan rakaat kedua. Lebih lanjut, (12) melakukan hal serupa dengan rakaat pertama hingga duduk kembali.

Lalu, (13) setelah sujud kedua dan atau keempat membaca tahiyat, dan (14) membaca salam. Selanjutnya, Anda bisa mengulang niat dan gerakan hingga melaksanakan salat dengan jumlah minimal 8 rakaat atau menyempurnakan 20 rakaat.

  1. Doa Setelah Salat Tarawih

Setelah salam, Anda bisa membaca Doa Kamilin. Ini adalah doa yang sangat penting untuk ritual peribadatan tersebut.

  1. Niat Salat Witir

Sebagai informasi, jumlah Salat Witir adalah satu rakaat. Namun, lazimnya pelaksanaan salat ini ditambah dengan salat bagian witir yang berjumlah 2 sampai 10 rakaat.

Aku niat Salat Sunah dua rakaat bagian dari Salat Witir hanya karena Allah Ta’ala.

  1. Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Berikut adalah niat Witir satu raakat. Aku niat Salat Sunah satu rakaat, yaitu Salat Witir hanya karena Allah Ta’ala.

Nah, itulah ulasan mengenai doa Sholat Tarawih dan Witir lengkap yang dapat Anda pelajari dan amalkan selama Ramadhan. Raih berkah Ramadhan sebanyak mungkin, meski kegiatan sesibuk apa pun.