Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS: Apa Sajakah?

Perbedaan antara “TOEFL, TOEIC dan IELTS” dalam bahasa Inggris dan juga penjelasannya

toefl-toeic-dan-ielts

TOEFL vs TOEIC vs IELTS

Bagi pembelajar bahasa Inggris yang sedang bergelut di dunia bahasa Inggris atau yang sedang belajar bahasa Inggris, pasti sudah familiar dengan TOEFL, TOEIC atau IELTS? Dari ketiga istilah tersebut, TOEFL mungkin yang paling kita kenal. Namun apakah sahabat KBI benar-benar memahami ketiga kata tersebut dan apa perbedaannya?

Jika belum, yuk kita simak penjelasan masing-masing dari ketiga istilah tersebut

Apa itu TOEFL?

Dalam bahasa Inggris, Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL, / toʊfəl /, TOH-fəl) adalah tes standar untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris non-penutur asli yang ingin mendaftar di universitas berbahasa Inggris. Tes ini diterima oleh banyak institusi akademik dan profesional berbahasa Inggris. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, TOEFL, atau yang merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language, adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui seberapa atau jenis kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki. TOEFL digunakan untuk menilai tingkat di mana kita telah menguasai bahasa Inggris.

TOEFL biasanya digunakan untuk melanjutkan studi ke luar negeri seperti Amerika dan negara lain. Toefl juga memiliki banyak jenis dan tidak hanya satu.

Apa saja jenis TOEFL yang ada?

Ada tiga jenis TOEFL, yaitu PBT, IBT, dan CBT. apa itu dan apa artinya

1.PBT (tes berbasis kertas)

Itu berarti mengerjakan soal-soal TOEFL, yang di atas kertas seperti kita sedang menghadapi ujian. Materi yang diujikan meliputi listening, reading, dan structuring.

2.CBT (tes berbasis komputer)

Ini mengerjakan soal-soal TOEFL langsung di komputer. Materi tesnya sama dengan PBT, hanya saja Anda akan mendapat tambahan tulisan.

3.IBT (tes berbasis internet)

Yaitu Tes Berbasis Internet, mengerjakan soal TOEFL dari Internet dan yang membedakannya dari semuanya adalah soal tambahan menulis dan berbicara.

Berapa skor TOEFL tertinggi?

  • 1.PBT: 310-677
  • 2.CBT: 30-300
  • 3.IBT: 8-120

Apa itu IELTS?

Bahasa Inggris adalah IELTS International English Language Testing System (IELTS) adalah tes bahasa berisiko tinggi paling populer di dunia untuk studi, pekerjaan, dan migrasi dengan lebih dari dua juta ujian dalam satu tahun terakhir. Dengan kata lain, IELTS adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kita. IELTS banyak digunakan untuk belajar di luar negeri seperti Australia dan lainnya.

Materi IELTS meliputi berbicara, menulis, membaca dan juga mendengarkan. IELTS sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu versi Academic dan versi General Training.

Apa jenis IELTS yang ada?

Ada dua jenis IELTS, yaitu Academic Version dan General Training Version. Versi akademik digunakan untuk tujuan studi di luar negeri, mis. B.di Australia. Sedangkan versi pendidikan umum digunakan untuk keperluan pekerjaan atau keimigrasian.

Apa itu TOEIC?

TOEIC dalam bahasa Inggris The Test of English for International Communication (TOEIC) adalah “tes bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk mengukur kemahiran bahasa Inggris sehari-hari orang-orang yang bekerja di lingkungan internasional”.

Dengan kata lain, TOEIC adalah tes yang dilakukan seperti TOEFL atau IELTS dengan tujuan bekerja di luar negeri atau perusahaan asing di Indonesia. Kisaran nilai TOEIC antara 1 dan 990 dan agar dapat diterima oleh perusahaan asing, TOEIC kita harus di atas 450.

Bagaimana caranya agar sahabat KBI tidak membedakan TOEFL, IELTS dan TOEIC? Semoga bermanfaat

Sumber :